Surau TV

Banner

Banjir Pangkalan Surut, Jalur Riau-Sumbar Sudah Bisa Dilalui

Image
Monday, 06 March 2017 | 14:20:17 WIB


Sumbar-Jalan lintas utama yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar) yang sempat terputus karena bencana banjir dan tanah longsor, kini sudah bisa dilalui kendaraan. Arus lalu lintas mulai normal menyusul banjir sudah surut dan material longsor di puluhan lokasi telah dibersihkan.

Kabar baik itu disampaikan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Pagar Negara seperti dirilis ntmcpolri.info, Minggu (5/3/17).

Jalan nasional itu sebelumnya sempat terputus di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, karena banjir dan tanah longsor di puluhan lokasi pada Jumat dinihari pekan lalu.

"Seluruh titik longsor sudah dibersihkan dengan alat berat. Tim terus bekerja semaksimal mungkin. Dan sekarang jalur tersebut sudah bisa dilalui," kata Pagar. Walau demikian, ia meminta masyarakat yang melintas di jalur tersebut untuk tetap waspada.

Untuk kondisi banjir, kata Pagar, juga sudah surut. "Banjir yang sempat menggenangi kini airnya sudah surut. Bagi masyarakat yang melintas, kami pesankan untuk tetap berhati-hati," katanya lagi.

Secara terpisah, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan, masyarakat yang dilanda banjir pada beberapa kecamatan sudah berangsur pulih dan mereka sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Mereka mulai membersihkan rumah dari lumpur akibat bencana tersebut, peralatan rumah tangga, seperti barang-barang eletronik, pecah belah dan peralatan dapur. Selain itu, mereka juga menjemur kasur serta pakaian yang basah dan kotor akibat banjir tersebut.

Kemudian sejumlah titik longsor yang menimbun badan jalan sudah dibersihkankan sehingga tim yang akan menyalurkan bantuan dapat sampai ke lokasi, termasuk juga kendaraan yang sebelumnya terjebak longsor.

Begitu juga akses bagi masyarakat dari Payakumbuh menuju Pangkalan dan sebaliknya sudah dapat dilewati kembali. "Seluruh kendaraan yang terjebak longsor, sudah berhasil dibebaskan. Selain itu pendistribusian logistik sudah lancar," katanya dilansir Antara.

Sebelumnya, tim serta relawan sudah mendistribusikan bantuan dan logistik ke lokasi-lokasi yang dilanda banjir. Bantuan tersebut berupa bahan-bahan makanan, air mineral, air bersih, pakaian dan selimut.

Selain itu, sejak Minggu pagi juga sudah mendistribusikan enam ambulance sertai obat-obatan dan tenaga medis sehingga masyarakat yang sakit dapat segera ditangani. (situsriau)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...