Walikota Padang Canangkan Hari Kesiapsiagaan Bencana

Image
Sunday, 01 October 2017 | 10:10:31 WIB 470

Padang : Peristiwa Gempa bumi dengan kekuatan 7,6 SR menguncang Kota Padang dan Sumatera Barat pada tanggal 30 Septermber 2009, hendaknya menjadikan masyarakat akan lebih cerdas dalam menyikapi segala bentuk bencana.

Gempa yang menghancurkan ribuan rumah dan ada yang meninggal dunia dan luka-luka pada saat itu. Selain itu sarana infrastruktur banyak yang rusak akibat bencana dimaksud.

Hal tersebut disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah usai memberikan sambutan pada kegiatan mengenang kembali 8 tahun peristiwa gempa 30 September 2009 dan pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Kota Padang Tugu Monumen Korban Gempa di kawasan komplek Museum Adityawarman Provinsi Sumatera Barat, Sabtu ( 30/09/2017).

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, momen mengenang peristiwa tersbut akan menjadikan bagian Pemerintah Kota untuk masa-masa yang akan datang, karena Kota Padang berada di wilayah yang memiliki potensi bencana yang bervariasi.

“ mudah-mudahan dengan momen 30 September ini maka kita jadikan sebagai momen berbenah diri, melakukan kesiapsiagaan terhadap bencana serta momen untuk mengurangi terjadinya resiko bencana,” ujar Mahyeldi.

Menjawab semua hal teresbut Pemerintah Kota Padang akan menghadirkan berbagai program cerdas bencana, diantaranya sekolah cerdas bencana, rumah tangga cerdas bencana, bimbingan belajar cerdas bencana, dengan arti kata semuanya harus memiliki kecerdasan dan ilmu kebencanaan, sehingga seluruh warga di Kota Padang telah memiliki pemahaman, ilmu pengetahuan dan sekaligus memiliki kesadaran potensi bencana tersebut.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota Padang juga menetapkan tanggal 30 September 2017, sebagai momen, menjadikan Kota Padang sebagai Hari Kesiapsiagaan terhadap bencana di Kota Padang.

“Mudah-mudahan setiap tahun kita akan dapat melakukan evaluasi kesiapsiagaan kita dalam rangka mengurangi resiko-resiko bencana,” tutur Walikota.

Rangkaian dari peringatan 8 tahun gempa 30 September 2009 tersebut juga di isi dengan penyerahan piala bergilir juara umum Jambore Pengurangan Resiko Bencana tingkat Provinsi Sumatera Barat dari Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang kepada Walikota Padang. Jelang peringatan detik-detik Gempa 2009 pukul 17.15 wib tersebut juga awali dengan pembacaan puisi. (Rri)


Sumber :

Laporan :

Editor : 0


loading...
Post
Sumatra Utara
Post
Sumatra Barat
Post
Internasional
Post
Internasional
Post
Nasional

Panglima TNI : Tugas Membela NKRI

1 bulan yang lalu 470
Post
Adv Bank Riau Kepri