Pelayanan Unik Disdukcapil Agam, Masyarakat Diberikan Bibit Tanaman Gratis

Image
Tuesday, 17 October 2017 | 10:20:40 WIB 235

Agam (nusapos.com)- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam Sumatera Barat, memberikan pelayanan unik kepada masyarakat yang berurusan ke dinas  Selain melayani  pengurusan dokumen kependudukan, ribuan bibit gratis juga disediakan untuk masyarakat.

Kepala Disdukcapil Agam Misran mengatakan, bibit dimaksud berupa tanaman petai dan jengkol. Setiap masyarakat selesai berurusan ke Disdukcapil, diberikan satu batang bibit tanaman.

“Hal ini dilakukan dalam rangkaian program pemerintah Kabupaten Agam yaitu Agam Menyemai. Dengan ini, tentu masyarakat Agam bisa dengan cepat mendapatkan bibit berkualitas, yang disediakan Pemkab Agam untuk warganya, di samping penyerahan bibit pada seluruh Kecamatan,” jelasnya, Senin (16/10/2017).

Menurut Misran, bibit tersebut bersumber dari Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan (DPKD) Agam, di mana sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan DPKP, bahwasannya masyarakat yang berurusan di Disdukcapil ramai, alangkah baiknya moment itu juga diambil untuk penyerahan bibit.

"Dengan demikian, pihak DPKP Agam sangat mendukung, karena ini juga membantu pihaknya untuk menyalurkan bibit sampai ketangan masyarakat. Di mana setiap harinya masyarakat yang berurusan di Disdukcapil lebih kurang ratusan orang, dan kita coba satu hari ini dulu, jika permintaan banyak, akan dilakukan koordinasi kembali dengan DPKP," terangnya.

Sementara itu Kepala DPKP Agam Ermanto menyebutkan, bahwa ini merupakan hasil koordinasi Disdukcapil dengan pihaknya, untuk terus menjalankan program Agam Menyemai, yang menjadi program andalan Pemkab Agam, untuk penunjang perekonomian masyarakat.

"Jika Disdukcapil masih membutuhkan bibit, kita dengan senang hati membantu, sebab ini juga menjadi kegiatan DPKP, supaya bibit lebih cepat sampai pada masyarakat, dan segera ditanamnya," ulasnya.

Ermanto menambahkan, saat ini bibit jengkol dan petai yang tersedia di kebun bibit DPKP Agam lebih kurang 15 ribu batang. Di samping itu, masih ada ribuan biji petai, dan saat ini masih dalam persiapan pembibitan.

“Pembagian bibit gratis ini tidak hanya untuk Didukcapil, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, juga diperbolehkan mendapatkan bibit tersebut, selagi bibit masih diperuntukan bagi masyarakat,” tukasnya. 


Sumber : rri

Laporan : -

Editor : Red


loading...