Surau TV

Banner

17.651 Peserta Didik di Pekanbaru akan Ikuti UN

Image
Monday, 24 February 2020 | 07:28:16 WIB


PEKANBARU - Ujian Nasional jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat akan digelar April mendatang. Di Pekanbaru ada 17.651 peserta didik yang akan mengikuti UN.

Data Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bakal diikuti 45 SMP Negeri, 68 Swasta serta 3 MTs Negeri dan 28 MTs swasta.

Sekolah yang masih menggunakan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) ada 24 sekolah. Seluruhnya sekolah swasta.

Total peserta didik yang bakal mengikuti UNBK setara SMP negeri dan swasta mencapai 16.960. Sedangkan yang mengikuti UNKP mencapai 691 peserta didik.

"Ada 17.651 siswa. Untuk menghadapi UN, setara SMP sederajat kita tahun ini, melaksanakan dengan dua cara UNBK dan UNKP," kata Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Sabtu (22/2/2020).

Sebelum pelaksanaan UN, akan ada tryout. Dalam Pelaksanaan tryout ini, selain sekolah yang formal, Disdik juga melaksanakan UNBK kesetaraan atau setingkat SMP.

"Kita sebut dengan paket B, dan juga paket C atau setara SMA. Untuk ujian kesetaraan kita sudah semuanya UNBK," kata dia.

Jamal menyebut, sudah bertemu dengan pengelola ujian kesetaraan. Diperkirakan, dari paket A sampai paket C, ada sekitar 2000 peserta.

"Yang terbanyak di tingkat Paket B atau setara dengan SMP," jelasnya.

Persiapan UN ini, kata Jamal, tidak ada lagi kendala. Ia mengaku sudah meninjau peralatan dan lokasi pelaksanaan UNBK atau pun UNKP.

"Sekarang kita tinggal tryout. Kita berharap tahun ini sukses. Tahun lalu sistem UNBK, SMP Negeri baru 25 persen. Tahun ini sudah 100 persen," jelasnya.

Sumber : Media Center Riau

Laporan : -

Editor : Redaksi

loading...